NOTASI DIAGRAMATIK
Merupakan bentuk yang sering digunakan dalam notasi dialog. Kelebihannya adalah memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog. Kelemahannya adalah sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.
Merupakan bentuk yang sering digunakan dalam notasi dialog. Kelebihannya adalah memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog. Kelemahannya adalah sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.
Metode yang digunakan dalam notasi ini adalah :
1. State Transition Network (STN)
2. Petri Net
3. Heral’s State Chart
4. Flowchart
5. Jackson Structured Design (JSD) Diagram
1. State Transition Network (STN)
2. Petri Net
3. Heral’s State Chart
4. Flowchart
5. Jackson Structured Design (JSD) Diagram
STATE TRANSITION NETWORK (STN)
STN atau kondisi transisi jaringan digunakan sejak tahun 1940-an. Metode ini menggunakan circle atau state yang dihubungkan satu dengan yang lain dengan anak panah yang menandakan suatu aksi atau kejadian.
STN atau kondisi transisi jaringan digunakan sejak tahun 1940-an. Metode ini menggunakan circle atau state yang dihubungkan satu dengan yang lain dengan anak panah yang menandakan suatu aksi atau kejadian.
Aturan dalan STN adalah :
1. Dimulai dari START state
2. State tengan berhubungan dengan arah panah
3. State kadang berputar (iterasi)
4. State mungkin meliputi pilihan user
5. Diakhiri dengan FINISH state
1. Dimulai dari START state
2. State tengan berhubungan dengan arah panah
3. State kadang berputar (iterasi)
4. State mungkin meliputi pilihan user
5. Diakhiri dengan FINISH state
Contoh :
Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa STN dapat merepresentasikan beberapa hal yang terkait dengan dialog, yaitu :
1. Urutan (sequence) dari aksi yang dilakukan user dan respon yang diberikan oleh sistem
1. Urutan (sequence) dari aksi yang dilakukan user dan respon yang diberikan oleh sistem
2. Pilihan bagi user (choice)
Dari kondisi menu, user dapat memilih circle sehingga sistem berpindah ke circle-1 dan pilihan circle pada menu di-highlight. Alternatif lain, user dapat memilih line sehingga sistem berpindah ke kondisi line-1
Dari kondisi menu, user dapat memilih circle sehingga sistem berpindah ke circle-1 dan pilihan circle pada menu di-highlight. Alternatif lain, user dapat memilih line sehingga sistem berpindah ke kondisi line-1
3. Iterasi (iteration)
Pada kondisi line-2, transisi dapat kembali ke line-2 jika user menambahkan titik baru pada polyline dan akan berpindah ke kondisi finish hingga user melakukan double-click
Pada kondisi line-2, transisi dapat kembali ke line-2 jika user menambahkan titik baru pada polyline dan akan berpindah ke kondisi finish hingga user melakukan double-click
Setiap lingkaran menandakan kondisi dari sistem, misalnya menu adalah
kondisi sistem yang menunggu user untuk memilih circle atau line.
Circle-2 adalah kondisi setelah user memilih sebuah titik sebagai pusat
lingkaran dan menunggu user menentukan titik akhir lingkaran.
Diantara
kondisi tersebut terdapat tanda panah yang disebut transisi. Tanda panah
diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yag menyebabkan
transisi perpindahan kondisi dan respon dari sistem.
Kondisi circle-1 adalah kondisi sistem menunggu user untuk memilih
pusat lingkaran. Jika user telah meng-klik pusat lingkaran maka kondisi
sistem akan berpindah ke circle-2 dan direspon oleh sistem dengan
menggambar rubber band.
Pada hirarki STN, pengaturan dialog yang lebih kompleks dan penamaan sub dialog adalah seperti contoh berikut :
Struktur hirarki STN dapat digunakan untuk
sistem yang besar dan memiliki tambahan berupa gabungan kondisi
(composite state) yang digambarkan persegi panjang dengan gambar
struktur STN berukuran kecil didalamnya. Masing-masing persegi panjang
ini menggambarkan submenu yang berkaitan.
STN sangat baik untuk merepresentasikan percontohan, pilihan dan
bagian alternatif dari suatu desain namun sangat buruk dalam menangani
dialog yang terdiri dari bagian yang sama, misalnya bentuk teks bold,
underline, italic dan kombinasi lainnya.
Masalah yang timbul terjadi pada interface manipulasi langsung (direct manipulation interface) misalnya :
Dialog berbarengan 1 : Dialog sederhana dengan tiga penukar kondisi (toggle)
Dialog berbarengan 2 : STN individual untuk bold, italic dan underline
Dialog berbarengan 3 : STN kombinasi untuk bold dan italic
Dialog berbarengan 4 : STN kombinasi
untuk bold, italic dan underline. Disebut juga dengan ledakan
kombinatorial yang terdiri dari N toggle dan 2n state.
Tombol ESC pada keyboard berfungsi sebagai
tombol pembatalan (cancelling key) atau dalam lingkungan web sering
menggunakan back. Usahakan menghindari pemisahan panah ESC di setiap
submenu.
Tombol ESC mempunyai persamaan dengan menu HELP yang merupakan suatu subdialog ekstra pada STN.
PETRI NET
Merupakan salah satu formulasi lama pada ilmu komputer yang menggambarkan suatu penalaran tentang kesamaan aktivitas. Sistem dapat mempunyai lebih dari satu kondisi pada waktu yang sama dan sering digunakan untuk menggambarkan interaksi berbasis web client.
Merupakan salah satu formulasi lama pada ilmu komputer yang menggambarkan suatu penalaran tentang kesamaan aktivitas. Sistem dapat mempunyai lebih dari satu kondisi pada waktu yang sama dan sering digunakan untuk menggambarkan interaksi berbasis web client.
Petri Net menggambarkan suatu interaksi dengan diagram alir yang berhubungan dengan :
1. Place : suatu bit seperti state STN
2. Transition : suatu bit seperti panah STN
3. Counter : berada pada place dan dapat berbarengan pada state dialog
1. Place : suatu bit seperti state STN
2. Transition : suatu bit seperti panah STN
3. Counter : berada pada place dan dapat berbarengan pada state dialog

HERAL’S STATE CHART
Diagram dibangun untuk menspesifikasikan secara visual, sistem reaktif yang komplek dan mampu mengakomodasi masalah seperti concurrency dan escape. Diagram ini memiliki struktur hirarki dengan karakter diagram tunggal dan membagi elemen yang merepresentasikan kondisi alternatif serta aktivitas konkuren.
Diagram dibangun untuk menspesifikasikan secara visual, sistem reaktif yang komplek dan mampu mengakomodasi masalah seperti concurrency dan escape. Diagram ini memiliki struktur hirarki dengan karakter diagram tunggal dan membagi elemen yang merepresentasikan kondisi alternatif serta aktivitas konkuren.
Gambar di atas merupakan diagram kondisi
dari panel kendali televisi yang terdiri dari lima tombol ON, OFF, MUTE,
SEL dan RESET. Televisi tersebut hanya berada pada kondisi ON atau
standby. Misal kita mulai dengan posisi standby, menekan tombol ON atau
RESET akan menyebabkan TV menyala dan tombol OFF akan menyebabkan TV
kembali ke posisi standby.
Pada saat TV menyala, user dapat mengendalikan suara dengan tombol
MUTE yang mengatur suara menjadi ON atau OFF dan saluran TV (channel)
dengan tombol SEL untuk memilih salah satu dari empat saluran yang ada.
Garis putus-putus dan AND menyatakan bahwa kedua subdialog dapat
dijalankan bersama-sama dalam urutan bebas. Subdialog SOUND mempunyai
lingkaran kecil hitam dengan garis lengkung yang menunjukkan kondisi
awal dan nilai default yaitu ON.
Subdialog CHANNEL mempunyai tanda H (history) yang mengindikasikan
akan mengingat posisi channel terakhir yang diaktifkan user dan pada
saat TV dihidupkan akan dimulai pada channel 1. RESET akan mengembalikan
kondisi ke default awal dan tombol OFF berfungsi sebagai escape.
FLOWCHART
Diagram alir sangat baik untuk menjelaskan dialog yang sederhana dan menggunakan berbagai jenis kotak untuk merepresentasikan berbagai jenis aktivitas yang berbeda, namun lebih merefleksikan sudut pandang pemrogram dibanding user.
Diagram alir sangat baik untuk menjelaskan dialog yang sederhana dan menggunakan berbagai jenis kotak untuk merepresentasikan berbagai jenis aktivitas yang berbeda, namun lebih merefleksikan sudut pandang pemrogram dibanding user.
Pada umumnya flowchart sangat akrab dengan
pemrograman dan digunakan untuk dialog tetapi tidak untuk algoritma
internal, misalnya untuk suatu proses penghapusan entitas dalam database
dapat dibuat flowchart sebagai berikut :
Perbedaan utama antara menggunakan
flowchart untuk perancangan dialog dengan pemrograman adalah tingkat
detail pada sisi program.
JACKSON STRUCTURED DESIGN (JSD)
Digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog, misal :
Digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog, misal :
Diagram JSD di atas terbagi menjadi tiga
bagian yaitu LOGIN, TRANSACTION dan LOGOUT. Urutan pengoperasiannya
berjalan dari kiri ke kanan. Tanda asterik (*) merepresentasikan iterasi
atau pengulangan. Tanda (o) merepresentasikan pilihan atau opsional.
NOTASI TEKSTUAL
Pada notasi tekstual terdapat tiga metode yang menjelaskan suatu dialog, yaitu :
1. Grammars (tata bahasa)
2. Production Rules (aturan produksi)
3. CSP (Communicating Sequential Processes) dan proses aljabar
Pada notasi tekstual terdapat tiga metode yang menjelaskan suatu dialog, yaitu :
1. Grammars (tata bahasa)
2. Production Rules (aturan produksi)
3. CSP (Communicating Sequential Processes) dan proses aljabar
TATA BAHASA (GRAMMAR)
Mempunyai arti sebagai aturan dalam menggunakan suatu bahasa. Pada IMK, tata bahasa merupakan suatu ekspresi reguler yang menjelaskan suatu maksud dari suatu kalimat. Salah satu bentuk formal yang sering digunakan untuk notasi dialog tekstual adalah BNF (Backus Naur Form) dan ekspresi reguler.
BNF dan ekspresi reguler berfokus pada aksi yang dilakukan user dimana ekspresi reguler lebih sering digunakan untuk mendeskripsikan kriteria pencarian tekstual yang lebih komplek dan analisis leksikal bahasa pemrograman.
Mempunyai arti sebagai aturan dalam menggunakan suatu bahasa. Pada IMK, tata bahasa merupakan suatu ekspresi reguler yang menjelaskan suatu maksud dari suatu kalimat. Salah satu bentuk formal yang sering digunakan untuk notasi dialog tekstual adalah BNF (Backus Naur Form) dan ekspresi reguler.
BNF dan ekspresi reguler berfokus pada aksi yang dilakukan user dimana ekspresi reguler lebih sering digunakan untuk mendeskripsikan kriteria pencarian tekstual yang lebih komplek dan analisis leksikal bahasa pemrograman.
BNF diperluas untuk dialog desain yang meliputi urutan seperti
pembuatan polyline pada STN yang direpresentasikan dengan SELECT-LINE
CLICK CLICK* DOUBLE-CLICK. BNF tidak baik untuk menangani interface
berbasis grafik dan tidak bisa menangani dialog berbarengan atau escape
ATURAN PRODUKSI
Aturan ini menggunakan kondisi IF kondisi THEN aksi. Bila semua aturan aktif dan sistem cocok dengan bagian dari kondisi maka kondisi selanjutnya tidak akan diperiksa. Atruran produksi sangat baik digunakan untuk tugas yang berbarengan tetapi tidak baik digunakan untuk tugas berurutan.
Aturan ini menggunakan kondisi IF kondisi THEN aksi. Bila semua aturan aktif dan sistem cocok dengan bagian dari kondisi maka kondisi selanjutnya tidak akan diperiksa. Atruran produksi sangat baik digunakan untuk tugas yang berbarengan tetapi tidak baik digunakan untuk tugas berurutan.
Atruran produksi memiliki dua tipe, yaitu :
1. Event-oriented Rule
Pada event ini terdapat tiga tipe yaitu USER EVENT (begin in upper case), INTERNAL EVENT (begin in lower case) dan system response event (shown in angle brackets), contoh :
1. Event-oriented Rule
Pada event ini terdapat tiga tipe yaitu USER EVENT (begin in upper case), INTERNAL EVENT (begin in lower case) dan system response event (shown in angle brackets), contoh :
2. State-oriented Rule
Merupakan aturan yang hanya berorientasi pada setiap kondisi. Misalnya :
Merupakan aturan yang hanya berorientasi pada setiap kondisi. Misalnya :
CSP dan PROSES ALJABAR
Baik digunakan untuk dialog berurut, contoh :
Baik digunakan untuk dialog berurut, contoh :
Pada deskripsi di atas digunakan beberapa simbol operator, seperti :
- Simbol ? adalah event yang berupa aksi mouse yang dilakukan user. Event lain yang tidak diberi simbol merupakan even internal sistem.
- Simbol = digunakan untuk membangun deskripsi yang berarti “didefinisikan sebagai”
- Simbol → berarti urutan (sequence)
- Simbol ; menunjukkan urutan proses
- Simbol [ ] untuk menunjukkan pilihan
Semua nama event pada dialog ditulis dalam huruf kecil, sedangkan nama proses dengan huruf besar
Selain itu terdapat operator | | yang mengindikasikan kondisi paralel dan dapat dijalankan bergantian
1 komentar:
http://leoncrofftz.blogspot.com/2011/05/drama-korea-layak-ditonton.html?showComment=1386823875458#c6531756231911552158
Posting Komentar